Selasa, 07 Desember 2010

BAB 12 KONSEP – KONSEP KOMPUTASI TERDISTRIBUSI

KONSEP – KONSEP KOMPUTASI TERDISTRIBUSI

Sistem informasi terdistribusi

Konsep – konsep komputasi terdistribusi adalah jaringan antar computer yang berperan sebagai sebuah computer bagi satu individu.komputasi terdistribusi menstransformasikan banyak computer dalam satu jaraingan sehngga berjalan efektif seperti halnya sebuah computer saja.

Transparasi jaringan ( network transparency)mempunyai arti bahwa pemakai tidak mempedulikan hakekat perindistribusian dalam system.jadi seluruh data dan file dalam jaringan ,terlepas dimanapun lokasinya, akan terdapat dikomputer sipemakai.jaringan hanya akan merupakan system komputasi terdistribusi apabila dapat dikelola sehingga menyediakan transparasi jaringan.ide utama dibalik transparasi jaringan adalah unsure – unsure data,file, dan computer didalam jaringan dapat diakses berdasarkan nama dan bukan berdasarkan fisik.

Program – program server beroprasi dengan cara berbeda dari jenis program lainnya.pertama,server secara continue berjalan sejalan dengan monitoring saluran komunikasi berdasarkan kebutuhan klien.kedua, server database secara khusus mendukung remote procedure calls,yang memungkinkan dalam satu computer melakukan tugas kueri dan pemutakhiran dalam server data base dimanapun dalam jaringan

Pendekatan alternative adalah penggunaan server nama , yaitu server khuusus yang menyimpan direktori file dan atau secara terpusat.

Naming services (aplikasi dari teknologi server nama) merupakan dasar dari system komputasi terdistribusi.namun dalam system operasi terdistribusi,hanya ada satu system operasi yang terdistribusi diseluruh computer dalam jaringan.

Text Box: Memori akses-Random berkecepatan tinggi Komunikasi interproses dapat dilakukan baik dalam bentuk komunikasi local maupun komunikasi berjarak misalnya dengan kabel-kabel optic-fiber atau melalui distributed shared memory.












ARSITEKTUR PEMROSESAN JARINGAN UNTUK MENDISTRIBUSIKAN DATA

Ada tiga arsitektur computer dasar untuk mendistribusikan data dalam sebuah jaringan.ketiga arsitektur pemrosesan jaringan mencakup arsitektur terpusat,arsitektur distribusi server – pemakai dalam kurung klien , dan arsitektur distribusi antar pemakai.ada beberapa manfaat baik untuk centralisasi maupun desentralisasi komputasi dan fungsi – fungsi informasi.kelebiahan sentralisai adalah skala ekonomis karena pemusatan sumber daya dalam satu tempat,seperti halnya juga menguntungan bagi segi pengendalian.lebih lanjut sentralisasi mengurangi resiko keamanan dengan mengurangi kemungkinan gangguan dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Ada empat jenis kebijakan data base : kebijakan keamanan,kebijakan integritas,kebijakan pemicu,dan kebijakan derivasi.kebijakan keamanan mencegah akses dari pemakai yang sah untuk tujuan – tujuan yang tidak sah.kebijakan integritas memproteksi data dari korupsi dengan cara membatasi pemutakhiran untuk nilai – nilai yang disetujui saja.kebijakan pemicu memulai pemprosesan pada saat nilai data menyentuh rentang pra rencana tertentu trakhir,kebijakan derivasi,menguraikan bagaimana cara field –field data atau nilai data secara otomatis dikalkulasikan dari field atau nilai data lainnya.Servers DBMS dalam lingkungan server DBMS,tugas pemakai dan kebijakan data base terdabat diklien,dalam server DBMS dan data base terdapat dalam server.

PENDISTRIBUSIAN DATA DAN SUMBERDAYA – SUMBERDAYA KOMPUTASI

Perindistribusian data.kita menggunakan istilah database terdistribusi untuk menyebutkan setiap data base yang dapat diakses diseluruh jaringan dengan beberapa metode tertentu seperti remote procedure calls.database seperti itu dapat didistribusikan dengan salah satu dari tiga cara berikut.pertama,dapat dilakukan melalui server data base tunggal yang dapat diakses dari manapun didalam jaringan.kedua,dapatdireplikasi sehingga kopi berganda tersedia dilebih dari satu lokasi.dan ketiga,dapat didistribusikan perlembaran melalui jaringan.

Isu – isu kejadian bersamaan.transaksi – transaksi atomik adalah transaksi –transaksi yang harus terlengkapi secara keseluruhan.

Pendistribusian CPU.memungkinkan penugasan otomatis terhadap aplikasi-aplikasi individual CPU dari sebuah pusat prosesor. Ini memungkinkan untuk menyeimbangkan komputasi dari beberapa CPU sekaligus





Pertukaran data secara elektronik (EDI)

Pertukaran langsung dokumen – dokumen bisnis dari computer ke computer,seperti order pembelian dan order penjualan.empat manfaatnya yaitu : biaya akan terdeuksi dengan mengurangi penggunaan kertas, kesalahan diminimalkan dengan mereduksi jumlah orang yang melakukan masukan data,memungkinkan perusahaan untuk melengkapi transaksi lebih cepat,dan memungkinkan perusahaan untuk memperoleh keuntungan dari adanya kesempatan bisnis baru.

GAMBAR ALUR PESAN-PESAN PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK

Oval: SERVER APLIKASIOval: APLIKASI AKUNTANSIOval: SERVER TRANSAKSIOval: KOMPUTER MITRA DAGANG




Oval: SERVER KOMUNIKASI




















Standar-standar EDI dikembangkan untuk membantu pertukaran data bisnis secara elektronis diantara perusahaan-perusahaan, menyediakan arsitektur umum untuk pertukaran data sementara. Standar EDI yang paling populer adalah EDI FACT.

Pesan ANSI X.12 EDI memiliki himpunan-himpunan transaksi yang setara dengan dokuman-dokumen bisnis standar. Setiap himpunan transaksi terdiri atas segmen-segmen, yaitu kelompok elemen data seperti nama, tanggal, dan nomor rekening.Pertukaran, himpunan transaksi disimpan dalam kelompok-kelompok fungsional.

Meskipun X.12 lebih berfokusn pada dokumen bisnis dan EDI FACT lebih berfokus pada data transaksi.Sebagai contoh, industry kimia menggunakan CDI X, industry besar dan gudang menggunakan WINS (UCS), dan industry elektrik menggunakan EDI X.

TRANSFER DANA ELEKTRONIK

Merupakan kelompok besar metode-metode untuk mengirimkan pesan-pesan informasional yang secara elektronis berdampak pada perubahan ekonomi. Hal pengiriman pesan-pesan elektronis dari satu tempat ke tempat lain.

Pesan pertama, permintaan pembayaran oleh perusahaan yang merupakan contoh pesan EFT dari penyalur. Pesan kedua transfer dana dari bank ke bank yang merupakan contoh EFT dari besar.EFT ketiga yaitu pesan masyarakat umu atau pribadi.

FEDWIRE digunakan untuk mentransfer dana diantara anggota federal reserve system.CHIPS system ACH digunakan untuk transfer pembayaran Eurodollar antara institusi keuangan AS dan non AS.CHAPS clearin house yang berpusat di Inggris.

System EFT Retail terdapat beberapa cra, dimana perusahaan atau konsumen dapat mengirim instruksi-instruksi EFT ke bank nya.Telephone WIRE transfer, perusahaan menggunakan telfon ke bank nya. Telephone Payment System, perusahaan atau konsumen dapat menelpon bank nya dan memberikan instruksi lisan atau computer untuk melakukan pembayaran ke penjual tertentu.Pembayaram pra otorisasi, nasabah bank memberikan instruksi pada bank untuk melakukan pembayaran otomatis sesuai jadwal atau jatuih tempo. POS System, perusahaan melakukan scane atas kartu debet/kartu kredit pelanggan dan menerima otorisasi penjualan secara segera.ATM memiliki kemirimpan dengan POS system.

TANDA TANGAN DIGITAL

Enskripsi data digunakan untuk menjamin keamanan data komunikasi elektronis. Tanda tangan digital berupa string beat yang terdapat dalam dokumen elektronik.Enskripsi kunci public dapat digunakan sebagai tanda tangan digital. Enskripsi kunci pyblik menggunakan 2 kunci:kunci umumyang diketahui semua orang,dan kunci pribadi yang hanya diketahui orang yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar